Jumat, 20 Januari 2012

FESTIVAL LITERASI 2011

3. Acara FESTIVAL LITERASI 2011 adalah acara peringatan Hari Literasi Dunia (International Literacy Day) yang jatuh tiap tanggal 8 September 2011. Acara ini ditetapkan sebagai acara tahunan QLC yang terdiri dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan (peningkatan) budaya literasi di trenggalek khususnya dan Indonesia pada umumnya. Acara Festival Literasi 2011 kali ini dilaksanakan agak mundur mengingat persiapan dan juga berbagai kondisi yang ada. Kegiatan Festival Literasi 2011 kali ini telah dan akan diadakan dengan berbagai kegiatan antara lain: QUANTUM LITERA CENTER (QLC) TRENGGALEK—TRENGGALEK STREET PHOTOGRAPHY—ARISAN SASTRA BULANAN TRENGGALEK—REBORN FAMILY
(Pameran Produk Lierasi karya Putra-Putri Trenggalek, Pameran Foto, Lukisan, Bazar Buku, Diskusi Seni-Budaya, Arisan Sastra, Bedah Buku)

1. Acara ini dilaksanakan oleh komunitas masyarakat bernama Quantum Litera Center (QLC) bekerjasama dengan beberapa komunitas dan kelompok belajar (Trenggalek Street Photography, Arisan Sastra Bulanan Trenggalek, dan Reborn Family).

2. Quantum Litera Center (QLC) adalah komunitas atau lembaga yang didirikan untuk meningkatkan budaya literasi (baca-tulis) di kalangan masyarakat khususnya generasi muda, dengan berbagai kegiatan yang diadakan seperti diskusi, diklat, seminar, lomba menulis, sekolah menulis, penelitian budaya literasi, mendorong guru dan masyarakat agar menulis dan diterbitkan atau dimuat dimedia, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah Arisan Sastra Bulanan yang akan berlangsung ke-14 kalinya pada Hari Minggu 20 November 2011 yang jadi bagian dari acara Festival ini. QLC digagas oleh para penulis, pendidik, budayawan, aktivis mahasiswa, pelajar yang punya visi yang sama yaitu pencerahan masyarakat melalui budaya literasi (baca-tulis), beberapa di antara pendirinya punya keresahan yang besar terhadap dominasi budaya tonton yang semakin menjauhkan generasi dari berfikir kritis dan yang melahirkan gaya hidup pragmatis, oportunis, hedonistik, konsumeristik, dan melemahkan karakter generasi.

3. Acara FESTIVAL LITERASI 2011 adalah acara peringatan Hari Literasi Dunia (International Literacy Day) yang jatuh tiap tanggal 8 September 2011. Acara ini ditetapkan sebagai acara tahunan QLC yang terdiri dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan (peningkatan) budaya literasi di trenggalek khususnya dan Indonesia pada umumnya. Acara Festival Literasi 2011 kali ini dilaksanakan agak mundur mengingat persiapan dan juga berbagai kondisi yang ada. Kegiatan Festival Literasi 2011 kali ini telah dan akan diadakan dengan berbagai kegiatan antara lain:
1. Seminar Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Sejarah, IPS, dan PPKn, Minggu 30 Oktober 2011 di Aula Kampus STKIP PGRI Trenggalek;

2. Pameran Produk Literasi karya Pekerja Literasi (individu dan lembaga) di Trenggalek, dalam acara ini setiap orang (individu) dan lembaga yang punya produk literasi (terbitan berupa buku, koran, majalah, tabloid, dan terbitan apapun) diharapkan memamerkan karyanya di stand yang disediakan oleh panitia.

3. Pameran Foto, yang memamerkan foto-foto karya para fotografer Trenggalek;

4. Pameran Lukisan, yang memamerkan lukisan kali ini pelukis Andreas Winarso dari Jakarta dan beberapa pelukis Trenggalek;

5. Bazar Buku, yang menjual buku-buku dari berbagai tema dengan harga diskon, sebagian juga buku karya penulis Trenggalek yang telah menulis beberapa buku seperti Nurani Soyomukti (penulis 23 buku bertema pendidikan, sejaraj, sosial, budaya, dan politik) dan Ngainun Na’im (penulis buku-buku pendidikan dan pemikiran Islam).

6. Acara Pengumuman dan penyerahan hadiah Loma Menulis Cerpen dan Puisi tingkat Pelajar yang diadakan QLC (Quantum Litera Center) Cabang Panggul

7. Bedah Buku karya penulis Trenggalek;

8. Pentas Sastra dan Arisan Sastra Bulanan, yang akan dihadiri para sastrawan, peminat sastra, apresiator dan penonton sastra dari Trenggalek dan berbagai kota/kabupaten (Jombang, Surabaya, Ngawi, Ponorogo, Tulungagung), dengan sajian antara lain: Musikalisasi Puisi, Baca Puisi, Cerpen, Dongeng, Orasi Kebudayaan, dll.

Acara ini bersifat terbuka, dan justru itu acara ini dilaksanakan di Ruang Publik, yaitu halaman sebelah Barat Alun-alun Kabupaten Trenggalek.


0 komentar:

Posting Komentar